Tugas Pokok Pengawas ( Pengawasan Manajerial ) : Penilaian Kinerja Kepala Sekolah

Read Time2 Minutes, 5 Seconds

Tugas Pokok Pengawas ( Pengawasan Manajerial ) : Penilaian – Penilaian terhadap kepala sekolah oleh pengawas sekolah merupakan penilaian kinerja bagi kepala sekolah dalam pengelolaan pendidikan pada satuan pendidikan. Perangkat penilaian yang digunakan adalah sebagaimana telah diatur dalam Permendiknas Nomor 35 Tahun 2010, Buku Pedoman Pelaksanaan Kinerja Guru, Suplemen Buku 2, dan/atau ketentuan peraturan perundangan lainnya

Tugas Pokok Pengawas ( Pengawasan Manajerial ) : Penilaian Kinerja Kepala Sekolah

C. Penilaian

1) Pengertian Penilaian terhadap kepala sekolah oleh pengawas sekolah merupakan penilaian kinerja bagi kepala sekolah dalam pengelolaan pendidikan pada satuan pendidikan. Perangkat penilaian yang digunakan adalah sebagaimana telah diatur dalam Permendiknas Nomor 35 Tahun 2010, Buku Pedoman Pelaksanaan Kinerja Guru, Suplemen Buku 2, dan/atau ketentuan peraturan perundangan lainnya.

2) Tujuan Penilaian kinerja kepala sekolah bertujuan untuk memperoleh data kinerja kepala sekolah dan kinerja sekolah. Data kinerja kepala sekolah tersebut digunakan sebagai dasar pembinaan kepada kepala sekolah dan sekolah yang bersangkutan pada tahun-tahun berikutnya.

3) Materi Aspek materi yang dinilai dalam penilaian kinerja kepala sekolah adalah sebagai berikut:

  • a) kompetensi kepribadian dan sosial
  • b) kepemimpinan pembelajaran
  • c) pengembangan sekolah:
  1. sistem informasi manajemen (SIM) dan
  2. evaluasi Diri Sekolah (EDS) dan merefleksikan hasil-hasilnya dalam upaya penjaminan mutu pendidikan

d) manajemen sumber daya:

  • (1) pengelolaan program induksi guru pemula (PIGP),
  • (2) pengelolaan PK guru dan tenaga kependidikan,
  • (3) pengelolaan PKB, dan
  • (4) pengelolaan kurikulum

e) kewirausahaan; serta

f) supervisi pembelajaran

Baca Juga :

4) Sasaran Guru yang mendapat tugas tambahan (kepala sekolah dan tenaga kependidikan) pada sekolah binaan yang menjadi tanggung jawab pengawas.

5) Indikator Keberhasilan Jumlah data kinerja dari hasil penilaian terhadap guru yang diberi tugas tambahan (sebagai kepala sekolah dan tenaga kependidikan) dan data kinerja sekolah binaan

6) Pendekatan, Metode, dan Teknik

  • a) Pendekatan, antara lain: direktif, nondirektif, dan kolaboratif
  • b) Metode, antara lain: wawancara, studi dokumen, dan kuesioner/angket
  • c) Teknik, antara lain: pemantauan dan pengamatan

7) Waktu Penilaian kinerja guru dengan tugas tambahan sebagai kepala sekolah dilaksanakan pada akhir tahun anggaran, tetapi penghimpunan fakta dapat dilakukan sepanjang tahun.

8) Prosedur

  • a) Menyusun rencana penilaian kinerja guru dengan tugas tambahan sebagai kepala sekolah yang tertuang dalam Program Penilaian Kinerja Guru dengan Tugas Tambahan sebagai Kepala Sekolah, yang disusun bersamaan dengan penyusunan Program Pengawasan Tahunan. Dokumen program ini merupakan bagian kelengkapan Program Pengawasan Tahunan
  • b) Melaksanakan penilaian kinerja kepala sekolah
  • c) Menganalisis hasil penilaian
  • d) Menyusun laporan hasil penilaian kepala sekolah
  • e) Mengevaluasi hasil penilaian kepala sekolah

Sumber : Panduan pengawas sekolah pendidikan dasar dan menengah 2017

Instrumen Pemantauan SNP  2017 dapat diunduh di sini

Baca Juga :

00
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *