3 Cara Mudah Mempelajari Polis Asuransi

Read Time2 Minutes, 24 Seconds

3 Cara Mudah Mempelajari Polis AsuransiMengalihkan risiko keuangan yang terjadi dengan menjadi pembeli  produk  asuransi menjadi bagian dari upaya  pengelolaan keuangan pribadi. Jika Anda sudah mempunyai tanggungan, berusahan memiliki  asuransi jiwa adalah hal yang seharusnya dapat dipenuhi. Demikian  juga dengan memiliki asuransi kesehatan.

Dengan mempunyai asuransi, risiko-risiko yang biasa Anda hadapi dalam kehidupan dan tentunya akan  mempengaruhi kondisi keuangan, dapat lebih terkelola. Apabila Anda ada niatan untuk  membeli asuransi sebagai salah satu langkah manajemen risiko finansial, mengetahui produk asuransi yang akan Anda beli merupakan  sebuah keharusan. Dalam hal ini adalah mengetahui dan memahami isi polis atau kontrak asuransi yang Anda beli. Hal utama ini baiasanya banyak diabaikan.

Biasanya peserta / nasabah  asuransi  sungkan  membaca isi polis hanya karena redaksi  kontrak asuransi yang dinilai berbelit dengan bahasa hukum yang berat. Tetapi , agar terhindar dari hal-hal yang kemungkinan akan menyulitkan nanti, Anda uasahakan  membaca polis dengan cermat. Berikut 3 cara mudah mempelajari polis asuransi:

3 Cara Mudah Mempelajari Polis Asuransi

  1. Jenis Pertanggungan Asuransi .

Salah satu hal terpenting dari polis yang harus Anda pahami betul adalah jenis pertanggungan asuransi yang Anda beli.

Apabila  Anda akan membeli produk asuransi kerugian seperti mobil, maka jenis pertanggungan yang biasa ditawarkan adalah total loss only (TLO) atau comprehensive (perlindungan menyeluruh). Kalau  Anda membeli yang TLO, maka asuransi hanya mengganti kerugian ketika kendaraan terjadi kehilangan. Sedang apabila tergores atau terjadi kecelakaan, risiko itu tidak ditanggung.

  1. Definisi Pertanggungan Anda

Selanjutnya adalah, pelajari definisi pertanggungan yang dimaksud di dalam polis asuransi. Sebagai ilustrasi, untuk produk asuransi kesehatan tertera jenis pertanggungan adalah untuk risiko penyakit kanker. Anda harus sudah memastikan dengan memperjelas, pertanggungan seperti apa yang didapatkan untuk risiko sakit kanker? Apakah asuransi akan menanggung untuk sakit kanker di stadium awal? Atau hanya menanggung di stadium akhir?

  1. Klausul pengecualian

Hal lain, pastikan Anda mempelajari juga bagian penting dari polis asuransi yaitu aturan atau kondisi yang membatalkan pertanggungan. Dinamakan dengan istilah klausul pengecualian (exclution clause). Bab ini termaktub dalam bab ketentuan khusus yang termuat di polis. Isi terdiri dari  pertanggungan akan batal bila penyalahgunaan, kejahatan, kesengajaan, kejahatan atau tindakan melawan hukum yang dilakukan oleh nasabah. Contohnya , klaim asuransi jiwa tidak akan dapat dicair kan apabila si tertanggung meninggal dunia karena bunuh diri (unsur kesengajaan), atau dibunuh oleh si ahli waris (kejahatan), dan lain sebagainya.

Dengan berusaha mempelajari tiga hal terpenting dari polis atau kontrak asuransi tersebut, Anda bisa lebih cermati mengetahui produk asuransi yang akan atau pernah Anda beli. Jangan segan meminta dummy polis sebelum Anda resmi menandatangani  kontrak asuransi. Atau Anda Jangan  sungkan pula  menanyakan dengan detail kepada perusahaan asuransi atau agen tentang serba serbi polis yang belum Anda mengerti. Teliti di awal bisa menghindarkan Anda dari masalah nantinya. Setelah membaca cara ini semoga Anda tidak ragu lagi untuk membeli produk  asuransi sesuai kebutuhan Anda.

Demikian semoga menjadi bagian Anda dalam mempersiapkan diri untuk berasuransi.

Baca juga :

00
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *