5 Cara Mudah Menghafal Al-Quran

Read Time1 Minute, 24 Seconds

5 cara Mudah Menghafal Al-Quran – Sebagai seoang muslim tentu saja ada keinginan untuk lebih mendalami ajaran agama yang kita anut. Termasuk dapat mengahfal Al-Quran. Tetapi kok susah yah…, komentar lain udah tua lah cepat  lupa, maklum faktor u.. ( usia )   dan seterusnya…so buat kamu yang mau coba tips berikut mungkin dapat membantu.

5 cara Mudah Menghafal Al-Quran

  1. Kuatkan niat

Niat yang ikhlas karena Allah akan membuka jalan ibadah, menghafal Quran bukan untuk gengsi atau prestise, semata karena Allah. Tekadkan dengan kuat, yakinkan Allah akan memberikan jalan yang mudah. Ketika ada bisikan hati untuk niat lain segeralah Istighfar mohon ampunan dan perlindungan kepada Allah SWT.

  1. Baca berulang-ulang

Baca setiap ayat dengan berulang-ulang. Kalau ayat panjang, boleh sepenggal dulu kemudian dilanjutkan sampai tuntas. Biasaya dari Juz 30, 29, 28 dst.. atau dari depan juz 1, 2 dan seterusnya. Ketika sudah hafal satu ayat kemudian dirangkai menjadi satu halaman. Perhatikan awal halaman dan akhir halaman. Jangan lupa setoran kepada ustadz sebagai tahqiq

  1. Jadwalkan secara teratur

Disiplin waktu, jadwalkan untuk menambah hafalan pada waktu tertentu, seperti setelah subuh atau sholat dhuha. Jangan menambah ayat kalau ayat sebelumnya belum kuat hafalannya.

  1. Gunakan mushaf yang sama

Banyak mushaf yang khusus untuk tahfizh. Biasaya Quran pojok yang setiap halamannya 15 baris. Bagi yang mobilitasnya tinggi kesulitan membawa mushaf, boleh jadi sudah menyimpannya di setiap tempat yang biasa disinggahi. Misal, di mesjid, mobil, rumah atau selalu membawa dalam sakunya mushaf yang sama, sehingga ingatan kita sama percis dari semua mushaf.

  1. Muroja’ah sepanjang waktu

Jangan pernah menyerah, lupa biasa… kerja keras, pantang menyerah, muroja’ah terus sepanjang waktu yang tesedia. Jangan lupa jaga wudhunya…

Perlu diperhatikan, dibaca dalam bacaan sholat lima waktu dan sholat sunnah akan lebih menguatkan hafalan kita. Wallahu a’lam Bishshowab.. semoga bermanfa’at.

00
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *