5 Fungsi Masjid masjid Sebagai Sumber Belajar | Pendidikangratis.id

5 Fungsi Masjid masjid Sebagai Sumber Belajar

5 Fungsi  Masjid Sebagai Sumber Belajar-Fakta dalam  kehidupan, masjid sebuah tempat suci yang akan berbeda sesuai keimanan di hati kaum muslimin. Sebagai tempat ibadah, keberadaannya akan sangat menunjang pembentukan pribadi orang yang mengunjunginya. Bahkan masuk ke mesjid dan keluarnya juga mempunyai etika tersendiri, selalu diringi dengan do’a sebagai rangkaian ibadah sunnah.

Selain itu, masjid juga menjadi sumber belajar bagi kaum muslimin. Mari kita simak beberapa kegiatan yang dapat dikategorikan sebagai sumber belajar.

5 Fungsi  Masjid Sebagai Sumber Belajar

1. Setiap Sholat, sorang mu’min sesungguhnya sedang belajar.

Belajar fokus, konsentrasi dan penuh kesungguhan. Mungkin ketika diucapkan akan terasa mudah, kenyataannya …akan berucap…susah..

2. Dzikir mengingat Allah

Allah menyampaikan; bahwa dengan mengingat Allah, hati akan menjadi tenang. Tetapi dibalik itu,  berdzikir sedang menyiapkan hati siap menerima pengetahuan yang lebih banyak. Sebab orang yang hatinya tenang akan lebih mudah menyerap pengetahuan.

3. Tadabbur Al-Quran ( Tilawah, tadarrus, tahfidz dan tafsir Al-Quran )

Al-Quran merupakan sumber belajar yang tak pernah tergali semuanya. Dari yang sederhana sampai yang rumit. Dari dunia nyata sampai yang ghaib. Biasanya di masjid akan ada pengajian membaca, menulis, menghafal sampai menafsirkan Al-Quran. Kajian tadabbur Quran ini bisa menjadi pembelajaran yang menarik.

4. Ta’lim ( Kajian Islam )

Pembelajaran di masjid lainnya, adalah kajian keislaman. Banyak yang dipelajari dari mulai belajar tauhid ( keimanan kepada Allah ) fiqh, akhlak dan lainnya. Sungguh kalau mau, seorang muslim akan sangat sibuk isi hatinya dalam belajar ketika ia datang ke mesjid. Tinggal apakah pengelolaan mesjidnya sudah menyiapkan itu semua atau belum. Perlu pembenahan DKM dalam manajerialnya. Atau sumber daya manusianya.

5. Peringatan hari besar Islam ( PHBI )

Setiap penyelenggaraan peringatan hari besar biasanya diadakan acara, dalam kegiatan tersebut diisi denga n taushiyah atau ceramah agama. Bagi yang hatinya terbuka untuk belajar, akan menganggap itu sebagai pembelajaran yang gratis.

So..mari ke masjid, selain untuk beribadah, kita juga akan mendapatkan pengetahuan yang banyak. Mau.. coba deh.

Demikian artikel ini semoga bermanfa’at.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *