7 Sunnah di Hari Jum'at , Apa Saja? | Pendidikangratis.id

7 Sunnah di Hari Jum’at , Apa Saja?

7 Sunnah di Hari Jum’at , Apa Saja? – Setiap hari Jum’at, seorang laki-laki muslim diwajibkan melaksanakan ibadah shalat Jum’at berjama’ah di masjid. Semua berkumpul melaksanakan perintah Allah dengan penuh kekhusyuan dan disertai dengan niat yang ikhlas karena Allah SWT.

Selain itu, beberapa amalan pada hari Jum’at yang dapat kita laksanakan. Berikut ini 7 sunnah diantara sunnah-sunnah yang Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam telah contohkan untuk kita laksanakan.

7 Sunnah di Hari Jum’at , Apa Saja?

1. Berdzikir kepada Allah SWT

Dzikir pengertiannya adalah mengingat Allah, dan kita diperintahkan untuk  berdzikir sebanyak-banyaknya. Allah berfirman : “Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian diseru untuk shalat pada hari jum’at, maka bersegeralah mengingat Allah…” (QS. Al Jumu’ah: 9)

2. Membaca Surat Al-Kahfi

Membaca surat Al-Kahfi merupakan sunnah Jum’at yang dapat dilakukan ketika hari tersebut telah datang. Mulai malam Jumat. Seperti yang diriwayatkan dalam sebuah hadits dari Abu Sa’id Al-Khudri R.A, bahwa Nabi SAW.  Bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka Allah akan menyinarinya dengan cahaya di antara dua Jum’at.”(HR Hakim dalam Al-Mustadrok)

3. Memperbanyak Shalawat untuk Nabi SAW.

Shalawat itu bisa kita ucapkan kapan saja dan dimana saja, Kita bahkan sangat dianjurkan untuk bershalawat kepada Rasulullah SAW. Tetapi, pada hari Jum’at, alangkah indahnya jika kita memperbanyak membaca shalawat untuk baginda Rasulullah SAW.

4. Memperbanyak Doa

Di hari Jum’at, kita juga disunnahkan untuk memperbanyak doa. Berdo’a untuk diri sendiri, keluarga dan semua orang. Mohon ampunan kepada Allah atas segala perbuatan salah dan dosa.

5. Mandi Sunnah Pada Hari Jum’at

Mandi dengan niat mandi Jum’at. Seperti yang disebutkan  dalam sebuah hadits dari  Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda :“Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at, maka ia mandi seperti mandi janabah…” (HR. Bukhari dan Muslim)

6. Membersihkan Diri dan Memakai Minyak Wangi

Setelah mandi dan mengenakan pakaian yang suci dan bersih, sebaiknya kita  memotong kuku,  mencukur rambut ketiak. Juga menggunakan minyak wangi. Dalam hadits disebutkan, kita ini diperintahkan untuk bersuci dengan mandi Jum’at. Setelah itu memakai minyak wangi, agar kita shalat Jum’at dalam keadaan wangi .

7. Mengenakan Pakaian Terbaik yang suci

Shalat itu sebaiknya dilakukan dengan pakaian yang suci, bersih,  dan baik. Nabi SAW bersabda, “Wajib bagi kalian membeli 2 buah pakaian untuk shalat Jum’at, kecuali pakaian untuk bekerja” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah)

Wallahua’lam , semoga bermanfa’at.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *