Anak Kecanduan Game ? Inilah Kiat Mencegahya

Read Time1 Minute, 40 Seconds

Anak Kecanduan Game  ? Inilah Kiat   Mencegahya.- Sebagian orangtua memberi kelonggaran kepada putra putrinya saat liburan ataupun ketika pulang sekolah untuk bermain game. Bermain game tersebut bisa jadi game konsol, game PC ataupun game di HP, sepertinya sudah tidak ada batasnya. Hati-hati, bisa jadi ini membuat buah hati Anda kecanduan game.  WHO sebagai badan kesehatan dunia menggolongkan kecanduan main game sebagai gangguan mental.

Seorang pakar psikologi  dari sebuah lembaga psikolog  memberikan beberapa kiat agar anak Anda  tidak kecanduan game online.

Berikut kiat anak agar tidak kecanduan game :

 

Anak Kecanduan Game  ? Inilah Kiat   Mencegahya.

1. Orang tua perlu melakukan pendampingan. Memberikan pendampingan kepada anak ketika sedang main game . Melarang anak membuka internet bukanlah solusi tepat. Jelaskan kepada  anak mana konten negatif dan positif.

2. PC hendaknya diletakkan di ruang umum. Laptop atau PC diletakkan  di ruang tamu misalnya dapat memberikan kesan terbuka. Usaha menyimpan laptp ataupun PC  ini akan mampu mengontrol sekaligus melihat aktivitas anak selama bermain online.

Baca  juga :

Top 5 Game Matematika Tahun 2018 Yang Seru Banget…

15 Game Berbahaya Bagi Anak, Rilis Kemendikbud. Apa saja…

3. Berikan ketentuan dan batasan waktu waktu bermain online. Selain memberikan  batasan waktu , hal ini juga untuk mengajarkan dan membiasakan hidup disiplin kepada anak.

4. Anda  sebagai Orang tua juga harus memperhatikan tingkah laku anak Anda apabila ada yang tidak  wajar. Apabila tingkah laku anak anda, dan Anda  sudah  merasa tidak mampu lagi maka persoalan ini harus dikonsultasikan kepada ahlinya. Membiarkan anak  Anda terus menerus bermain games  hanya akan menambah tingkat kecanduan.

5. Berikan penjelasan kepada Anak Anda Pentingnya bersosialisasi di kehidupan nyata

Ajaklah  anak Anda  bicara. Sampaikan , memang  main game sangat menyenangkan,  tapi berinteraksi langsung dengan orang lain tidak kalah menyenangkan.

6. Bawalah ke dokter untuk pemeriksaan mata Anak Anda .segeralah lakukan pemeriksaan mata secara rutin. Apabila Anak  Anda yang sering terpapar  tentu sangat tidak baik karena akan mengganggu kesehatan mata. Oleh karenanya sebaiknya  Anda  perlu memeriksakan matanya agar diketahui sudah sejauh mana tingkat minus atau plusnya.

Demikian artikel ini semoga bermanfa’at.  Mari jaga Anak kita agar tidak kecanduan game sejak hari ini.

00
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *