Benarkah Sarapan Pagi Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa? | Pendidikangratis.id

Benarkah Sarapan Pagi Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa?

Benarkah Sarapan Pagi Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa?Proses pendidikan di sekolah atau belajar sebenarnya adalah aktivitas seperti halnya kegiatan lain. Tetapi yang sangat membedakan adalah masa belajar itu lebih banyak menggunakan energi untuk fungsi otak atau penalaran. Selain akivitas fisik juga psikis.

Sehingga ketika kekeurangan energi di tubuhnya akan kehilangan peluang untuk melakukan kegiatan secara penuh. Lebih jauh kemungkinan akan berpengaruh terhadap hasil belajarnya. Siswa yang biasa sarapan pagi akan cenderung lebih siap dan  lebih baik, hal ini disebabkan kebutuhan energi terpenuhi.

Benarkah Sarapan Pagi Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa?  

Pertanyaanya, mengapa siswa perlu sarapan pagi ?

Sarapan pagi merupakan kegiatan makan di pagi hari menjelang melakukan kegiatan di hari tersebut. Untuk siswa, maka sebelum berangkat ke sekolah atau aktivitas belajar di sekolah mereka sarapan di rumah.

Menu yang disantap ketika sarapan pagi paling tidak harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral yang seimbang. Hendaknya porsinya tidak lebih dari sepertiga porsi makan sehari-hari. Paling tidak mengandung 15-30 % gizi harian yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, bahannya tidak memberatkan kerja sistem pencernaan, bisa berupa

Sebenarnya ketika bangun pagi, kondisi tubuh  siswa  membutuhkan asupan energi. Karena selam tidur tubuh tidak menerima asupan makanan, padahal walupun sedang tidur, tubuh tetap melakukan aktivitas sehingga tetap memerlukan energi. Wajar ketika  pagi-pagi  tubuh siswa termasuk kita secara keseluruhan memerlukan asupan makanan untuk  energi awal di pagi hari.

Terlebih, siswa yang akan belajar di sekolah  tentu sangat membutuhkan asupan makanan untuk menyuplai energi yang akan digunakan untuk belajar.

Baca Juga :

Fungsi sarapan untuk siswa

Siswa yang terbiasa melakukan sarapan pagi dapat mengikuti aktivitas belajar dengan baik. Hal ini karena;

  1. Sarapan pagi akan dapat menyuplai kebutuhan nutrisi ke otak dan saraf secara penuh. Ketika kebutuhan otak terpenuhi, maka daya konsentrasi akan lebih baik. Dengan konsentrasi itulah maka belajar akan efektif, sehingga peluang mendapatkan prestasi yang tinggi sangat terbuka.
  2. Sarapan pagi akan memenuhi enrgi siswa. Dengan kondisi tubuh yang penuh dengan energi, kemungkinan besar tubuh siswa akan segar, bugar dan akan lebih mudah konsentrasi.
  3. Kondisi tubuh yang bugar akan membuat siswa lebih bersemangat. Semangat inilah kuncinya belajar dengat giat.
  4. Tentu saja dengan sarapan akan mencegah penyakit melanda siswa. Lemungkinan yang biasa tidak sarapan pagi akan cepat terkena penyakit, baik pusing, mual, saki kepala, maag ataupun lainnya.

Wajarlah kemudian sarapan pagi di rumah sebelum berangkat ke sekolah itu menjadi suatu anjuran yang perlu dilaksanakan. Dengan kondisi yang siap belajar, penuh semangat akan membuat siswa lebih konsentarsi belajar dan sangat mungkin para siswa tersebut mendapatkan prestasi belajar yang lebih baik.

Semoga dengan sarapan pagi, anak Anda, para siswa atau siapapun dapat melakukan kegiatan dengan lebih baik.

Artikel lain :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *