Cara Menjabarkan IPK dari Kompetensi Dasar ( KD )

Read Time1 Minute, 48 Seconds

Cara Menjabarkan IPK dari Kompetensi Dasar  ( KD )- Salah satu tugas guru sebelum proses pembelajaran adalah menyiapkan seperangkat perencanaan. Salah satunya adalah menyusun RPP. Dalam RPP tersebut terdapat komponen Indikator Pencapaian Kompetensi ( IPK ). Wajar kemudian harus ada upaya analisis pemetaan dari SKl-KI, KD dan IPK.

Dalam artikel ini, Anda akan kami sajikan proses bagaimana menjabarkan IPK dari KD sesuai dengan Panduan Penyusunan RPP yang dikeluarkan oleh Kemendikbud tahun 2017. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan dalam penjabaran IPK dari KD.

Cara Menjabarkan IPK dari Kompetensi Dasar ( KD )

  • Tulislah  KD sesuai dengan yang ada di  Permendikbud No.24 Tahun 2016 Tentang  Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013.
  • Rancang  2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi untuk setiap KD.
  • IPK berupa:
  •  (a) perilaku (tercermin dalam kata kerja) yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk kompetensi dasar (KD) pada kompetensi inti (KI)-3 dan KI-4; dan
  • (b) perilaku yang dapat diobservasi untuk disimpulkan sebagai pemenuhan KD pada KI-1 dan KI-2.
  • Pola IPK  adalah “kata kerja (menjelaskan, membedakan, menganalisis, dan sebagainya) + kata benda (pengetahuan atau isi, atau materi pembelajaran)”. Contoh: Membedakan makhluk hidup dan mahkluk tidak hidup; menganalisis fenomena perpindahan penduduk dari desa ke kota; mengevaluasi (menilai) interaksi sosial warga masyarakat di daerah tertentu”, dan sebagainya.

Baca juga :

Mudah Menyusun RPP ; Komponen dan Format RPP

Link Contoh Soal CPNS, bisa dipelajari…

  • Guru dapat merumuskan indikator dengan kata kerja (proses kognitif atau kecakapan berpikir) yang lebih kompleks daripada KD. Misalnya KD 3 menggunakan kata kerja“memahami”, maka guru dapat merumuskan indikatornya dengan kata kerja antara lain “menjelaskan, membedakan, memberi contoh, mengklasifikasikan, membuat ikhtisar, menuliskan dengan kata-kata sendiri”.
  • IPK berisi kata kerja yang mencerminkan “perilaku”, Indikator KD juga berisi kata benda yakni pengetahuan, atau materi, atau isi pembelajaran. Contoh, “siswa dapat membedakan ciri-ciri makhluk hidup dan tidak hidup”. Dalam Standar Kompetensi Lulusan (SKL), pengetahuan pembelajaran ini dibedakan menjadi pengetahuan faktual, konseptual, procedural, dan metakognitif.
CONTOH KD

Indikator

KD dari KI-1 (bila ada)Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi (bila ada KD-nya).
KD dari KI-2 (bila ada)Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi (bila ada KD-nya).
KD dari KI-3Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi.
KD dari KI-4Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi.

Demikian semoga bermanfa’at.

00
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise
Banyak di cari :, contoh kata kerja dalam ipk, ipk dalam kd, cara menjabarkan KD ke dalam indikator mapel matematika, ipk dalam pembelajaran adalah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close