Cara Mudah Menyelesaikan Soal CPNS 2018

Read Time2 Minutes, 19 Seconds

Cara  Mudah Menyelesaikan Soal CPNS 2018 – Seleksi CPNS  tahun 2018 ini tentu akan dilaksanakan dengan CAT CPNS . Soal dan Materi dalam Aplikasi CAT CPNS TERBARU 2018 dihimpun dari berbagai sumber dan dari soal soal test CAT CPNS 2018. Materi tes akan terdiri  Tes Wawasan Kebangsaan [TWK[, Tes Intelegensia Umum [TIU] dan  Tes Kompetnsi Dasar [TKD]

Cara  Mudah Menyelesaikan Soal CPNS 2018

1. Soal Sinomin

Sinonim adalah suatu kata yang memiliki  bentuk yang berbeda namun memiliki arti atau pengertian yang sama atau mirip. Peserta tes harus dapat mencari kata yang memiliki makna atau arti yang sama dengan kata yang tersedia. Tujuan tes ini untuk  mengukur tingkat kewaspadaan dan kecermatan terhadap suatu indikasi yang saling sama, mengukur wawasan, dan pengetahuan calon siswa tentang kata-kata yang artinya sama.

Tipsnya sebagai berikut :

  • Pengalaman membuktikan bahwa dalam mengikuti TPA, soal sinonim sebanyak  53 % kata serapan dan 17 % merupakan istilah dalam dunia keilmuan, sisanya istilah dalam keseharian
  • Soal yang dari serapan dapat diidentifikasi dengan cara jangan memilih jawaban yang memiliki kemiripan bunyi, baik awal,atau akhir suku kata.
  • Disarankan agar banyak membaca Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI )
  • Sinonim hampir sama dengan mencari persaman kata atau arti kata yang ada di dalamnya

Contoh :

KUNYUK = …

A. Monyet

B. Orang utan

C. Manusia purba

D. Babon

Pembahasan :

Kunyuk menurut KBBI adalah :

  1. kera kecil ; monyet
  2. Orang bodoh ( tidak tahu adat )

Jadi kata kunyuk bersinonim dengan monyet

2. Antonim

Antonim dapat disebut juga dengan   lawan kata atau perlawanan kata. Dua kata dikatakan berlawan apabila kata tersebut memiliki bentuk yang berbeda, tetapi mempunyai arti atau pengertian yang bertolak belakang.

Tes ini untuk mengukur tingkat kewaspadaan   dan kecermatan calon siswa terhadap suatu indikasi yang saling berlawanan., mengukur wawasan dan pengetahuan tentang kata-kata yang artinya saling berlawanan.

Caranya menyelesaikannya :

  1. Jika peserta tes ( siswa ) tidak mengenal kata yang tersedia atau terdapat dari satu jawaban, maka coba gunakan kata tersebut dalam sebuah kalimat yang sangat umum, kemudian kata tersebut dengan kata yang tersedia. Maka jika terasa arti kalimat itu berlawanan, maka itulah jawaban yang benar.
  2. Cobalah mengutamakan memilih jawaban yang hampir mirip dengan soal,  terutama untuk soal yang tipe kata ilmiah.
  3. Berhati-hatilah dalam memahami  perintah soal dan memilih jawaban yang tepat. Biasanya tes sinonim dan antonim berdekatan sehingga sebagai peserta tes kurang konsentrasi.
  4. Ingat, waktu yang disediakan sangat terbatas, sebaiknya menjawab soal dengan cepat tetapi harus teliti.

Contoh :

SPESIAL >< . . . .

a. Sebagian

b. Khusus

c. Seluruh

d. Umum

Pembahasan :

dalam KBBI spesial berarti : khusus ; istimewa ; khas ; melulu.

Jadi kata spesial berlawanan dengan kata umum ( d )

Soal lainnya :

Baca soal lainnya :

Baca Juga :

00
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *