Download Aplikasi laporan SNP | Pendidikangratis.id

Download Aplikasi Laporan Pemantauan SNP

Dalam pelaksanaan pengawasan, Pengawas sekolah dituntut untuk melaksanan semua tugasnya secara tuntas. Diantara tugas kepengawasan adalah melakukan pemantauan pemenuhan standar nasional pendidikan ( SNP ) di sekolah binaannya.

Pemantauan SNP ini dilaksankan dengan menggunakan instrumen yang sesuai dengan SNP yang akan dipantau. Biasanya para Pengawas sekolah dapat melakukan pemantauan beberapa SNP dalam satu kali kegiatan di sekolah. Seperi pemantauan Standar Isi berbarengan dengan standar kelulusan dan proses. Dokumen yang diperiksa boleh jadi Buku/dokumen kurikulum madrasah.

Baiklah, mungkin untuk pelaksanaan pemantauan SNP mudah dilakukan dengan memeriksa dokumen, wawancara ataupun observasi. Biasanya yang menjadi kendala adalah bagaimana skor yang diperoleh dalam instrumen menjadi bermakna dan dapat dijadikan bahan untuk dilaporkan serta ditindaklanjuti.

Laporan kepengawasan yang mendapat angka kredit ( AK ) yang cukup besar yaitu setiap laporan pemantauan SNP setiap tahun. Hal ini kalau mengacu pada Permendikbud 143 tahun 2014 laporan ini mendapat AK 6 untuk Pengawas Muda, AK 9 untuk Pengawas Madya dan AK 12 untuk Pengawas Utama.

Kriteria Laporan menurut lampiran Permendikbud 143 tahun 2014 Memiliki Laporan pelaksanaan pamantauan standar nasional pendidikan yang ditunjukkan dengan bukti minimal antara lain:
(1) Surat keterangan pelaksanaan pemantauan SNP.
(2) Daftar sekolah yang dipantau.
(3) Instrumen yang telah diisi.
(4) Hasil pengolahan pemantauan.
(5) Kesimpulan temuan pemantauan.
(6) Tindak lanjut hasil pemantauan SNP.

Laporan disahkan oleh Korwas dan dinas pendidikan/pejabat yang ditunjuk. Angka kredit diberikan untuk setiap laporan/setiap tahun
Perhitungan angka kredit sebagai berikut: Nilai angka kredit pemantauan = jumlah sekolah yang dipantau dibagi jumlah sekolah minimal dikalikan nilai angka kreditnya, tergantung jenjang jabatan fungsional pengawasnya.

Baca juga :

Pada kesempatan ini, admin akan bagikan contoh laporan pemantauan SNP BAB per BAB, serta lembar identitas dan kelengkapan dokumen asli pada lampiran.

Lembar identitas dengan sistematika sebagai berikut :

  • HALAMAN JUDUL
  • HALAMAN PENGESAHAN
  • KATA PENGANTAR
  • DAFTAR ISI

Contoh Lembar identitas dapat diunduh di sini

BAB I   PENDAHULUAN

  • A. Latar Belakang
  • B. Fokus Masalah Pemantauan
  • C. Tujuan dan Sasaran Pemantauan
  • D. Tugas Pokok/Ruang Lingkup Pemantauan

Contoh Pendahuluan Laporan Pemantauan SNP dapat diunduh di sini

  • BAB II KERANGKA PIKIR PEMECAHAN MASALAH unduh di sini
  • BAB III PENDEKATAN DAN METODE dapat diunduh di sini

BAB IV HASIL PENGAWASAN PADA SEKOLAH BINAAN

  • A. Hasil Pelaksanaan dan Pengolahan Pemantauan Pelaksanaan Delapan SNP
  • B. Pembahasan Hasil Pengawasan

Aplikasi laporan pemantau SNP berbasis aplikasi MS. Excel hanya untuk Bab IV Hasil pengawasan dan pembahasan. Dalam aplikasi ini Anda hanya perlu menginput data pada lembar awal input. Hasilnya semua data akan terisi semua sampai Bab Kesimpulan. Anda tidak perlu mengubah apapun dalam BAB IV dan V, cuma yang perlu diperhatikan jangan pernah mengubah rumus yang ada pada lembar input data.

Menariknya pada BAB IV akan terlihat semua grafik yang dibutuhkan, Anda boleh mengubah bentuk/jenis graifk sesuai selera, tetapi tidak dapat mengubah data, karena datanya secara otomatis sudah terinput pada langkah awal penginputan data. Apabila Anda memerlukan dapat mengirmkan email ke admin pendidikangratis.id

Baca juga :

BAB V PENUTUP       Simpulan,   Rekomendasi

LAMPIRAN

  1. Surat tugas pengawasan dari kepala dinas pendidikan atau korwas kabupaten/kota
  2. Surat keterangan pelaksanaan pemantauan pelaksanaan Delapan SNP dari kepala sekolah binaan
  3. Jadwal pelaksanaan pemantauan pelaksanaan Delapan SNP dilaksanakan sesuai dengan rencana
  4. Daftar hadir yang berisi daftar sekolah binaan yang dipantau dalam pelaksanaan Delapan SNP dan ditandatangani kepala sekolah
  5.  Instrumen pemantauan yang telah diisi
  6.  Hasil pengolahan pemantauan yang berisi rekapitulasi nilai tiap SNP

Aplikasi berbasis MS. Excel ini dapat dilihat pada tampilannya seperti berikut :

Baca Juga :

Tampilan BAB IV dengan jumlah sekolah 11 lembaga, padahal untuk tingkat SMA/MA ataupun SMP/MTs Cukup 7 lembaga. Sedangkan untuk tingkat SD/MI cukup 10 sekolah. Sengaja diberikan tambahan satu sekolah sebagai cadangan kalau-kalau ada kekurangan dalam data. tampilan BAB IV seperti berikut :

Sedangkan BAB V Penutup dengan simpulan dan rekomendasi. Tampilannya seperti berikut :

Contoh surat keterangan dari kepala sekolah :

Demikian beberapa informasi mengenai aplikasi laporan SNP. Semoga bermanfaat.

Baca juga :

2 Replies to “Download Aplikasi Laporan Pemantauan SNP”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *