Karakteristik Kewirausahaan Kepala Sekolah | Pendidikangratis.id

Karakteristik Kewirausahaan Kepala Sekolah

Jiwa kewirausahaan yang melekat pada diri seorang kepala sekolah merupakan suatu kemampuan yang sangat berarti dalam proses kegiatan di sekolah. Dalam rangka pelaksanaan kompetensi kewirausahaan kepala sekolah pasti menunjukkan suatu tanda atau karakteristik melalui sikap atau tindakan yang telah dilakukan oleh kepala sekolah.

Menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah karakteristik kompetensi kewirausahaan yang harus dimiliki oleh seorang kepala sekolah adalah sebagai berikut.

  • 1) Menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah/madrasah.
  • 2) Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif.
  • 3) Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah/madrasah.
  • 4) Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah/madrasah.
  • 5) Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan sekolah/madrasah sebagai sumber belajar peserta didik.

Hal tersebut menunjukkan bahwa kompetensi kewirausahaan kepala sekolah mempunyai beberapa sub variabel, yang nantinya di dalam implementasi akan dijabarkan melalui indikator. Menurut Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Pendidik (2010: 38-42) dijelaskan bahwa karakteristik kompetensi kewirausahaan kepala sekolah adalah sebagai berikut.

  • 1) Menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah dengan patokan:
  • a) kepala sekolah memahami dan mampu menerapkan programprogram yang inovatif untuk meningkatkan keefektifan sekolah berupa pembaharuan di bidang kurikulum, keorganisasian, sarana prasarana, peserta didik, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, keuangan, humas, dan ketatausahaan,
  • b) kepala sekolah memiliki kreativitas tinggi yang terlihat dari gagasan, produk, pelayanan, usaha, model baru yang dihasilkan dan kepala sekolah mengambil peran dalam merealisasikan gagasan baru di sekolah yang dipimpinnya.
  • 2) Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah sebagai organisasi pembelajar yang efektif dengan patokan: kepala sekolah secara konsisten mampu mengembangkan dan menerapkan program-program pembelajaran sampai berhasil mencapai tujuan.
  • 3)   Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah dengan patokan: kepala sekolah memiliki kemauan yang tinggi untuk mencapai kesuksesan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai pemimpin sekolah.
  • 4)   Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah dengan patokan: kepala sekolah mampu menginternalisasikan jiwa wirausaha di kehidupan nyata berupa: optimisme, pantang menyerah, dan berpikir alternatif.
  • 5)  Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/jasa sekolah sebagai sumber belajar peserta didik dengan patokan:
  • a) kepala sekolah menginternalisasikan jiwa wirausaha di kehidupan nyata berupa: pengembangan unit usaha, pengelolaan unit usaha, dan pemanfaatan unit usaha sebagai sumber belajar,
  • b) kepala sekolah memiliki keberanian mengambil risiko.

Baca artikel lain : Panduan Kerja Pengawas Sekolah di Masa Pandemi Covid-19

Senada dengan karakteristik tersebut, Suyanto dan Abbas (2004: 172) karakteristik kepala sekolah sebagai wirausahawan yang unggul dapat dirumuskan ke dalam lima hal berikut ini:

  1. Berani mengambil risiko serta mampu memperhitungkan dan berusaha tidak menghindarinya.
  2. Selalu berupaya mencapai dan menghasilkan karya bakti yang lebih baik untuk pengguna jasa (siswa dan orang tuanya), pemilik, pemasok, para pendidik dan karyawan administrasi, masyarakat, bangsa dan negara.
  3. Bersikap antisipatif terhadap perubahan, tetapi akomodatif terhadap lingkungan.
  4. Kreatif mencari dan menciptakan peluang dan meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan efektivitas kinerja lembaganya.
  5. Berusaha meningkatkan keunggulan dan citra lembaga melalui investasi baru di berbagai bidang.

Baca juga : Download Program Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah/Madrasah Dapat diedit

Langkah Operasional

NOKOMPONENLangkah OperasionalPerangkat
1.Menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah. 1.Kepala sekolah mengembangkan inovasi dalam sistem pengelolaan sekolah. 2. Kepala sekolah mengawasi/memantau pelaksanaan inovasi dalam sistem pengelolaan.Tim menyusun program pengembangan inovasi dalam pengelolaan sekolah yang berisi: tujuan inovasi, manfaat inovasi, mekanisme pelaksanaan inovasi, hasil inovasi.Ada tim pengembangan inovasi pengelolaan sekolah.Pengawasan/pemantauan inovasi dalam sistem pengelolaan dilaksanakan dengan:membaca laporan pelaksanaan inovasi pengelolaan sekolah;memberikan rekomendasi perbaikan inovasi pengelolaan sekolah; danmemberikan penghargaan terhadap hasil usaha tim pengembang.Dokumen pedoman pengembangan inovasi pengelolaan sekolah berisi: 1.Tujuan inovasi 2.Manfaat inovasi 3.Mekanisme pelaksanaan inovasi Hasil inovasi Ada SK tim pengembang
2.Melakukan kegiatan dalam upaya mencapai keberhasilan sekolah sebagai organisasi pembelajar yang efektif.Kepala sekolah memfasilitasi guru dalam mengembangkan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian melalui IHT/ pembinaan.Kepala sekolah untuk mengembangkan lingkungan kerja yang produktif dan memuaskan bagi guru.Menciptakan kondisi belajar peserta didik yang lebih kondusif.Memberikan pengarahan yang inspiratif, sehingga dapat mendorong terjadinya peningkatan mutu pengelolaan internal sekolah.Memotivasi terselenggaranya proses pembelajaran yang merangsang para peserta didik untukNotulen, daftar hadir IHT/pembinaan.Jurnal Kepala sekolah.
  mencapai prestasi belajar yang tinggi. 6. Menentukan arah perubahan, menyeleraskan hubungan kerja orang- orang di sekolah, dan meningkatkan motivasi berprestasi. 
3Memotivasi guru dan tenaga kependidikan untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.1.     Menjalin komunikasi , membimbing , mengawasi dan memantau guru dan tenaga kependidikan secara berkelanjutan dalam melaksanakan tugas pokoknya.Notulen, daftar hadir IHT/pembinaan.Jurnal Kepala sekolah.
  2. Melakukan penilaian kinerja guru secara obyektif.
  3. Mengendalikan kinerja tenaga kependidikan.
4.Memotivasi  peserta didik untuk sukses dalam prestasi akademik dan non akademik.1.     Memantau secara berkelanjutan dalam melaksanakan pembelajaran.Jurnal Kepala sekolah.Catatan refleksi.
  2. Melakukan supervisi personal, merefleksi dan menindaklanjuti hasil refleksi.3. Catatan prestasi peserta didik.
  3. Memantau secara berkelanjutan hasil belajar peserta didik. 
5.Mengembangkan pengelolaan kegiatan produksi sekolah sebagai sumber belajar peserta didik.Merencanakan program kegiatan produksi sekolah.Mengupayakan sarana prasarana yang dapat dijadikan sebagai kegiatan belajar peserta didik dalam dunia nyata.Program Pengembangan Kewirausahaan. Jurnal Kepala sekolah.

Demikian sekilas karakteristik kewirausahaan kepala sekolah/madrasah dan langkah operasionalnya. Semoga bermanfaat

Sumber: Buku kerja kepala sekolah 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *