Keutamaan Sholat Isya Berjama’ah

Read Time1 Minute, 52 Seconds

Keutamaan Sholat Isya Berjama’ahSholat Isya  termasuk sholat wajib yang dilaksankan pada malam hari, waktu pelaksanaannya setelah sejam kurang lebih dari waktu shalat magrib.  Sholat isya juga merupakan sholat yang sungguh berat melaksanakannya karena kita mungkin sering terasa kelelahan lalu kemudian tertidur.

Oleh karena beratnya itulah Allah SWT memberikan keutamaan yang luar biasa bagi seorang muslim yang menunaikannya. Berikut beberapa keutamaan sholat Isya secara berjam’ah.

Keutamaan Sholat Isya Berjama’ah

  1. Allah SWT. akan memberikan pahala yang banyak

Seorang muslim dan muslimah yang melaksanakan sholat Isya akan mendapatkan pahala yang banyak dari Allah SWT.

  1. Allah akan menghindarkannya dari sifat orang munafik

Akan terhindar dari sifat orang muanfik. Rasulullah SAW. Bersabda : Tak ada sholat yang lebih berat bagi orang munafik selain sholat subuh dan sholat isya Seandainya mereka mengetahui keutamaan yang ada dalam kedua sholat tersebut, tentu mereka akan mendatanginya walupun sambil merangkak. ( HR Bukhori : 657 )

  1. Allah akan menghapuskan dosa-dosa bagi yang menunaikannya

Rasulullah SAW bersabda : ketahuilah oleh kalian, bahwa jika ada sungai yang mengalir di dekat pintu seorang dari kamu dan dia mandi dengan air sungai itu sebanyak 5 kali dalam sehari, apakah akan tersisa kotorannya. Lalu Rasullah bersabda lagi : maka begitulah perumpamaan mengerjakan sholat lima waktu, dengannnya Allah akan menghapuskan dosa-dosa ( HR Bukhori Muslim )

Luar biasa, dengan melaksanakan sholat lima waktu, kita sebagai seorang muslim akan dihapuskan dari segala perbuatan dosa. Termasuk dengan menunaikan sholat isya.

Baca juga :

  1. Pahala Sholat Isya Setara dengan Sholat Malam

“Barang siapa melakukan sholat Isya berjama’ah pahalanya sama dengan orang yang melaksanakan sholat separuh malam, sedangkan orang yang melaksanakan sholat Isya dan Shubuh berjamaah pahalanya sama dengan melaksanakan sholat sepanjang malam”.

“Seandainya manusia mengetahui pahala dalam adzan dan shaf pertama, kemudian mereka tidak bisa mendapatkannya selain dengan diundi, tentu mereka saling mengundi. Seandainya mereka mengetahui pahala pada At-Tahjir ( menuju shalat lebih awal ), tentu mereka akan berlomba-lomba mendapatkannya. Dan sendainya mereka tahu pahala dalam shalat isya dan subuh, tentu mereka akan mendatangi keduanya walaupun harus merangkak “
HR. Bukhari.

Demikian artikel ini semoga memotivasi kita untuk melaksanakan sholat isya berjama’ah di masjid. Amin

Baca Juga :

00
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *