Keutamaan Sholat Tahajjud

Read Time3 Minutes, 40 Seconds

Keutamaan Sholat TahajjudSholat Tahajjud adalah sholat sunnah yang dilaksnakan pada malam hari lebih tepatnya sepertiga malam terakhir setelah seseorang tidur. Ibadah ini dikategoriakn sebgai sunnah muakkad. Yaitu sunnah yang dukuatkan syara’ atau sangat penting dilakukan. Para sepakat akan pelaksanaannya di sepertiga malam terakhir. Ada ulama yang menyampaikan sebaiknya diawal sepertiga malam terakhir, agar sholat yang ditunaikan bisa lebih dari dua roka’at.

Sholat tahajjud akan disaksikan oleh para malaikat dan Allah akan mengabulkan setiap do’a hamba-Nya. Selain akan mendapatkan pahala, sholat tahajjud pula akan memberikan manfa’at untuk kesehatan tubuh, memberi ketenangan  kepada hati seorang mu’min yang menunaikannya.

Beberapa keutamaan sholat Tahjjud sebagai berikut :

Keutamaan Sholat Tahajjud

  1. Akan menjadi penghapus dosa dan pencegah perbuatan dosa

Sholat sunnah ini dilaksanakan di malam hari, di saat kebanyakan orang sedang terlelap dalam tidurnya, tentu seorang muslim yang melaksankannya akan mendapatkan imbalan yang setimpal dari Allah SWT. Seorang muslim berusaha tqorrub kepada Rabbnya. Tentunya Allah akan menghapus dosanya. Rasulullah SAW bersabda : bahwa sholat tahajjud adalah ibadah yang dilakukan oleh orang-orang sholeh. Ibadah ini akan mendekatkan seorang hamba kepada Kholiknya, jalan menghapuskan dosa serta mencegah muslimin untuk berbuat dosa.

  1. Terlihat tanda takwa di wajahnya

Seorang mu’min yang melaksanakan sholat tahajjud akan terlihat bersinar wajhnya. Inilah salah satu tanda bahwa orang tersebut bertakwa kepada Allah SWT. Tentu tanda-tanda itu akan nampak oleh orang sekitar mereka. Hal ini tentu akan memotivasi mu’min lain untuk senantiasa melaksanakan sholat tahajjud. Semoga sholat tahjud akan tetap menjaga keimanan kita kepada Allah SWT.

  1. Sholat tahajjud akan melancarkan aliran darah dalam tubuh

Waktu sholat tahajjud  biasanya di sepertiga malam terakhir, sebaiknya di awal waktu tersebut sekitar jam 3.00 dini hari. Ibadah ini selain sebagi upaya taqorubban ilallah , juga seorang hamba dapat menyampaikan keluh kesahnya kepada Penciptanya. Selain itu, ternyata ibadah ini memberikan udara segar bagi seorang mu’min yang melaksanakannya. Dengan udara yang segar ini akan menyuplai udara segar ke paru-paru dan seluruh saluran darah sehingga  membuat seluruh organ tubuhnya segar dan sehat.

Baca Juga :

  1. Allah Akan menjamin memasukkan ke dalam surga

Rasulullah SAW. Bersabda bahwa barangsiapa yang melaksanakan shalat tahajjud, maka jaminan surga baginya.  Dalam hadits lain Rasullah SAW bersabda :

“Wahai manusia, sebarkanlah salam, beri makanlah, sambung tali kasih, shalat malamlah saat orang pada terlelap, maka masuklah surga dengan selamat. ( HR. AlHakim, Ibnu Majah, dan At-Tirmizy )

  1. Pikiran seorang mu’min yang melaksankan tahajjud akan lebih segar

Setelah bangun tidur, kita akan mempunyai pemikiran yang lebih jernih. Perlu diketahui, dalam sehari bernapas sebanyak 20.000 kali dan jantung kita bekerja 100.000 kali.Semua organ tubuh kita memerlukan waktu istirahat yang cukup. Tidur merupakan istirahat yang tebaik buat tubuh kita, dan akan memulihkan sel yang kelelahan, menambah kekuatan serta otakpun kembali berkerja dengn lebih baik.

Alasan itulah yang menjadikan salah satu alasan mengapa shlat tahajjud dikerjakan setelah bangun dari tidur. Tubuh kita akan terasa fres dan segar sehingga shlota yang dilaksanakan menjadi khusyu’ dan membaca Al-Qura lebih terasa menyentuh hati.

  1. Allah akan memberi keringanan ketika dihisab

Shalat tahajjud juga akan memberikan fadilah lain yaitu keringanan hisab di hari akhirat. Bagi kaum muslimin yang ta’at, melaksanakan tahajjud dapat menjadi penyebab mendapatkan keringanan ketika dihisab di akhirat nanti. Karena kita yakin amalan kita akan diperhitungkan nanti pada yaumul hisab, perbuatan baik dan buruk keduanya akan dihisab dan akan menjadi pertanda akan masuk surga atau neraka. Semoga dengan wasilah melaksanakan sholatv tahajjud, kita diberikan keringanan dalam hisab dan Allah menempatkan kita dalam surga-Nya. Amiin

  1. Memperoleh cinta Allah SWT

Rasulullah SAW bersabda yang disampaikan Abu Darda RA. Tentang keutamaan salat tahajjud. Mereka yang memilih bangun di tengah malam dan meninggalkan kenyamanan tidur, niscaya akan mendapat cinta dari Allah SWT. Kaum Muslimin melakukannya dengan penuh keikhlasan karena cintanya kepada Allah SWT. Mereka bersimpuh bersujud kepada Penciptanya. Tentu Allah akan mencintainya. Allah akan mengampuni permohonan taubat hamba-Nya.

  1. Sholat sunnah yang paling afdhal setelah sholat fardhu lima waktu

Shalat tahajjud menjadi salah satu ibadah yang paling afdhal stelah sholat lima waktu. Allah menyukai hamba-Nya yang selalu mengingat-Nya. Hamba yang beribadah dikeheningan malam, di suasana yang dingin dan rasa kantuk  yang mendera sesorang, seorang mu’min berusaha mendekatkan diri kepada Allah, tentu Allah akan menjadikannnya hamba yang akan mendapatkan keutamaan seperti keutamaan orang yang melaksanakan sholat wajib lima waktu. Semoga kita semua menjadi bagian dari orang yang istiqomah menunaikan ibadah malam ini.

Baca Juga :

  1. 5 Fungsi Masjid masjid Sebagai Sumber Belajar
  2. 5 Cara Mudah Menghafal Al-Quran
  3. Daftar Aplikasi Al Quran for Android .
00
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *