Kiat Sukses Memilih Peminatan/jurusan di SMA | Pendidikangratis.id

Kiat Sukses Memilih Peminatan/jurusan di SMA

Kiat Sukses Memilih Peminatan/jurusan di SMA– Peminatan SMA pada K-2013 dilaksanakan padaawal  kelas 10. Peminatan dilaksanakan lebih awal ini dimaksudkan agar siswa lebih memfokuskan diri dalam mengembangkan minatnya serta mereka belajar terarah.

Secara umum di SMA, ada beberapa jurusan yang dapat dipilih, yaitu IPA ( MIPA ), IPS, dan Bahasa . Tetapai  tidak semua SMA menyediakan semua jurusan, biasanya hanya IPA dan IPS, tergantung kesiapan sumber daya sekolah masing-masing. Ketiga peminatan tersebut mempelajari mata pelajaran umum seperti Pendidikan Agama, PPKn, Sejarah, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika. Nah, bedanya  adalah mata pelajaran peminatan yang dipelajari dan keluar saat Ujian Nasional ( UN ).

Kiat Sukses Memilih Peminatan/jurusan di SMA

IPA/MIPA

Pada peminatan/jurusan ini mata pelajaran peminatannya adalah matematika (khusus peminatan IPA), fisika, biologi, dan. kimia

IPS

Pada peminatan/jurusan ini mata pelajaran peminatannya adalah sejarah (khusus peminatan IPS), sosiologi, ekonomi, dan geografi.

Bahasa/IBB

Pada peminatan/jurusan ini mata pelajaran peminatannya adalah Bahasa Indonesia (khusus peminatan IBB), Bahasa Inggris (khusus peminatan IBB), antropologi, dan bahasa asing (selain Bahasa Inggris).

Selain mata pelajaran tersebut, pada K- 2013 juga diberlakukan mata pelajaran lintas minat. Peserta didik dapat memilih beberapa mata pelajaran dari jurusan lain.

Bagi kamu yang akan memilih jurusan IPA, IPA sering dianggap sebagai jurusan yang paling favorit dan populer. Hal ini biasanya menyebabkan peminat jurusan IPA sangat banyak.

Berikut kiat memilih peminatan..

1. Sebenarnya minat bakatmu apa…

Kamu hobinya apa, senangnya bidang eskul apa, atau cita-citamu mau jadi apa…? pertanyaan itu hanya yang dapat menjawabnya. Pastikan ketika memilih peminatan sesuai dengan minat dan cita-citamu.

2. Cek nilai raport dan hasil UN mu…nilai IPA nya berapa…

Lihat raportmu secara menyeluruh, bandingkan nilai mapel Matematika dan IPA dengan nilai Imapel IPS, dan bahasa….

Cek juga nilai UN kemarin….bandingkan juga

3. Tanya ke guru BK mu….kamu layaknya masuk jurusan apa…

Jangan lupakan guru BK mu di SMP/MTs… konsultasi dan mintalah rekomendasi tertulis peminatanmu.

4. Minta pertimbangan orang tuamu…

Orang yang bertanggungjawab tentang masa depanmu selain kamu adalah ortumu….berdiskusilah dengan ayah bundamu…mintalah saran dan nasehatnya..

5. Masih bingung …shalat istikharah lah…

Kalau secara usaha sudah dilakukan masih bingung juga…cobalah bangun malam hari…sholat istikharah lah…minta sama Rabb mu…petunjuk mana yang lebih baik.

Saran kami, sholat istikharah ini  bukan hanya bagi yang bingung, tetapi sebagai penguat keyakinan, bukti tawakkal kepada Allah SWT. Selamat mencoba…!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *