Konsep kurikulum Darurat | Pendidikangratis.id

Konsep Kurikulum Darurat pada Masa Pandemi Covid-19

pendidikangratis.id – Keberlangsungan pembelajaran di masa pandemi covid-19 tetap harus berjalan. Walaupun dalam kondisi yang tidak seperti biasa. Semua dalam keadaan dibatasi. Tetapi dengan semangat pembelajar akan ditemukan jalan keluar yang terbaik. Pada kesempatan ini Anda akan diajak untuk mengetahui konsep kurikulum darurat pada masa pandemi ini.

Merujuk pada Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2791 Tahun 2020 tentang Panduan Kurikulum Darurat pada Madrasah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan kurikulum darurat ini.

Kurikulum Darurat adalah kurikulum yang disusun dan dilaksanakan oleh satuan pendidikan pada masa darurat. Oleh karena itu semua aspek yang berkenaan dengan perencanaan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan penilaian hasil belajar disesuaikan dengan kondisi darurat yang terdapat dan dirasakan oleh setiap satuan pendidikan madrasah. Mempertimbangkan kondisi darurat setiap daerah dan madrasah berbeda, maka implementasi kurikulum darurat setiap satuan pendidikan bisa berbeda-beda sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing.

Baca juga :

Satuan pendidikan dapat melakukan modifikasi dan inovasi KTSP, disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan madrasahnya. Madrasah dapat
melakukan modifikasi dan inovasi dalam bentuk struktur kurikulum, beban belajar, strategi pembelajaran, penilaian hasil belajar dan lain sebagainya. Misalnya dalam satu hari dibatasi hanya ada dua atau tiga mata pelajaran yang diajarkan, terutama pada mata pelajaran utama, peminatan dan sebagainya.

Diharapkan seluruh siswa harus tetap mendapatkan layanan pendidikan dan pembelajaran dari madrasah. Kegiatan pembelajaran tidak hanya mengandalkan tatap muka antara guru dengan siswa, tetapi siswa dapat melakukan belajar dari rumah dengan bimbingan/pemantauan oleh guru dan orang tua.

Belajar dari rumah tidak harus memenuhi tuntutan kompetensi (KI-KD) pada kurikulum, tetapi lebih ditekankan pada pengembangan karakter, akhlak mulia, ubudiyah, kemandirian dan kesalehan sosial lainnya

Selengkapnya Panduan kurikulum darurat untuk pendidikan di madrasah dapat Anda unduh pada tautan berikut :

Panduan Kurikulum Darurat

Atau dapat diunduh di sini

Demikian bebera informasi seputar konsep kurikulum darurat di masa pandemi covid-19. Semoga kita semua tetap sabar dan berikhtiar semoga kita dapat melaluinya dan belajar normal seperti biasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *