Laporan PKG oleh Pengawas sekolah | Pendidikangratis.id

Laporan Pelaksanaan PKG oleh Pengawas Sekolah

pendidikangratis.id. Kegiatan Pelaksanaan Penilaian Kinerja guru ( PKG ) harus dilakukan oleh kepala sekolah atau oleh tim yang diberikan tugas oleh kepala sekolah. sedangkan tugas pengawas sekolah adalah memveripikasi hasil PKG yang telah dilaksanakan.

Merujuk pada Permenneg PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009, PK Guru adalah penilaian dari tiap butir kegiatan tugas utama Guru dalam rangka pembinaan karier kepangkatan dan jabatannya. PK Guru dilaksanakan untuk membantu guru menjadi pendidik profesional, yaitu guru yang mampu memberikan layanan pendidikan kepada peserta didik melalui kegiatan pembelajaran/pembimbingan yang berkualitas. Hal ini penting karena harkat dan martabat suatu profesi sangat ditentukan oleh kualitas layanan profesi yang bermutu. Selain hal tersebut, PK Guru juga diharapkan dapat menunjukkan secara tepat tentang kegiatan yang harus dilakukan guru di dalam kelas dan membantu guru meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya. Dengan demikian PK Guru diharapkan dapat memberikan kontribusi secara langsung pada peningkatan kualitas pembelajaran atau pembimbingan yang dilakukan, sekaligus membantu peningkatan karir guru sebagai tenaga profesional

Tujuan kegiatan penilaian kinerja guru yang dilaksanakan oleh pengawas sekolah merupakan perivikasi PK guru yang telah  dilakukan oleh kepala madrasah atau tim yang telah ditunujuk sebagai berikut  :

  1. Menilai kemampuan guru dalam menerapkan semua kompetensi yang diperlukan pada proses pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah.
  2. Menjamin bahwa guru melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya secara profesional.
  3. Menentukan persentase perolehan hasil penilaian kinerja untuk perhitungan angka kredit yang diperoleh guru atas kinerja pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah yang dilakukannya pada tahun berjalan.
  4. Menjadi dasar untuk menyusun program pengembangan keprofesiannya sebagai guru pembelajar

Ruang lingkup penilaian  guru untuk memverifikasi hasil penilaian yang telah dilaksaanakan oleh kepala madrasah atau guru yang ditunjuk dalam beberapa komponen. Komponen yang dinilai dalam PK Guru difokuskan pada penguasaan 4 (empat) kompetensi guru, yaitu: pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional yang dikaitkan dengan pelaksanaan tugas utama guru.

Permendiknas Nomor 35 Tahun 2010 mengisyaratkan bahwa berdasarkan kekhususan karakteristik proses pembelajaran serta layanan pendidikan yang diberikan oleh guru dibagi atas tiga jenis, yakni

Guru mata pelajaran,

Tugas utama guru mata pelajaran mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran

Guru kelas,

Tugas utama guru kelas mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran

Guru bimbingan.

Tugas utama guru BK/Konselor mencakup perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pelaporan dan tindak lanjut pembimbingan Guru mata pelajaran meliputi guru mata pelajaran. Guru Kelas terdiri atas guru kelas MI. Guru pembimbing adalah guru bimbingan konseling. Selain pelaksanaan tugas utama, guru juga akan dinilai karakteristik profesionalnya yang lebih menekankan kepada penguasaan materi dan sikap profesionalnya, serta pelaksanaan tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah/ madarasah

Berikut daftar isi laporan PKG oleh pengawas sekolah

Demikian contoh laporan PKG oleh Pengawas sekolah, semoga bermanfaat

Baca juga laporan pengawas lainnya :

Demikian bahan laporan PKG oleh Pengawas sekolah, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *