Latihan Soal Uji Kompetensi Asesor 2021 | Pendidikangratis.id

Latihan Soal Uji Kompetensi Asesor 2021

Sebagai persiapan menghadapi uji /tes subtansi calon asesor tahun 2021, kami bagikan untuk Anda latihan soal. Semoga dengan banyak latihan soal, Anda dapat berhasil menjadi asesor tahun 2021 ini.

1.Apabila terjadi perbedaan penilaian antara asesor 1 dan asesor 2 pada satu atau beberapa nomor instrumen, tindakan yang seharusnya diambil adalah….

  • Memilih nilai yang tertinggi
  • Melakukan verifikasi ulang secara bersama.
  • Memilih nilai yang terendah.
  • Memilih nilai yang diberikan asesor 1

2. Salah satu landasan penyusunan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) adalah sekolah/madrasah merupakan instrumen mewujudkan nilai-nilai sosial. Pernyataan tersebut merupakan landasan sosiologi terkait ….

  • Misi sekolah.
  • Integrasi Sosial.
  • Sistem Sosial.
  • Instrumen Sosial

3.Yang merupakan komponen utama dalam Instrumen Akreditasi Baru yang berbentuk Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) ….

  • Mutu lulusan, proses pembelajaran, mutu guru dan manajemen sekolah.
  • Mutu lulusan, proses pembelajaran, kompetensi guru dan manajemen sekolah.
  • Mutu lulusan, proses pembelajaran, kompetensi guru dan kompetensi kepala sekolah
  • Mutu lulusan, proses pembelajaran, kompetensi guru, kompetensi kepala sekolah, dan sarana prasana sekolah

4. Dalam Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP), Komponen Mutu lulusan memiliki Sub Komponen sebanyak ….

  • 3.
  • 4.
  • 5
  • 6

5. Dalam Instrumen Akreditasi Baru yang berbentuk Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP), Capaian Kinerja memiliki ….

  • A. 2 Level
  • B. 3 Level
  • C. 4 Level
  • D. 5 Level

6. Landasan Kebijakan penyusunan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) salah satunya adalah terkait dengan tugas BAN untuk menetapkan kebijakan dan pengembangan sistem akreditasi sesuai dengan prinsip perbaikan mutu berkelanjutan secara nasional. Hal tersebut terdapat dalam ….

  • Permendikbud Nomor 11 Tahun 2018.
  • Permendikbud Nomor 12 Tahun 2018.
  • Permendikbud Nomor 13 Tahun 2018.
  • Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018

7. Yang bukan merupakan asumsi utama diterapkannya Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) adalah ….

  • A. Kualitas sekolah diukur dari mutu lulusan, proses pembelajaran, kelengkapan guru dan sarana pembelajaran berdasarkan dokumen yang ada.
  • B. Penekanan diberikan kepada mutu lulusan, proses pembelajaran, mutu guru dan manajemen sekolah
  • C. Pergeseran dari compliance ke performance dan dari rule ke principles dengan tetap mempertimbangan Standar Nasional Pendidikan
  • D. Mutu lulusan merupakan hasil dari proses pembelajaran, mutu guru yang didukung oleh manajemen sekolah

8. Salah satu Permendikbud yang mengatur tentang Standar proses adalah ….

  • Permendikbud nomor 20 tahun 2016
  • Permendikbud nomor 21 tahun 2016.
  • Permendikbud nomor 22 tahun 2016
  • Permendikbud nomor 23 tahun 2016

9. Dalam Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP), yang bukan termasuk dalam data primer (Performance Based) adalah…

  • Telaah Dokumen.
  • Observasi.
  • Focus Group Discussion.
  • Dapodik/Emis

10. Peraturan Pemerintah yang mengatur tentang Standar Nasional Pendidikan ….

  • PP Nomor 18 tahun 2005.
  • PP Nomor 19 tahun 2005.
  • PP Nomor 18 tahun 2015
  • PP Nomor 19 tahun 2015

11. Pelaksanaan visitasi dibatasi pada hal-hal yang pokok saja, namun cukup memberikan gambaran yang utuh dan terfokus pada substansi yang telah ditetapkan. Pengertian tersebut berkaitan dengan prinsip akreditasi …….

  • Efektif.
  • Efisien .
  • Mandiri.
  • Objektif

12. Perhatikan persyaratan berikut: 1. memiliki surat keputusan pendirian/operasional sekolah/madrasah; 2. Memiliki kepala satuan Pendidikan 3. memiliki peserta didik pada semua tingkatan kelas ;4. memiliki sarana dan prasarana pendidikan; 5. Telah melaksanakan Pendidikan dalam 3 tahun berturut-turut ;6. memiliki pendidik dan tenaga kependidikan; 7. melaksanakan kurikulum yang berlaku; 8. telah menamatkan peserta didik. 9. Kepemilikan dan penggunaan fasilitas dan sumber daya bersamaSekolah/madrasah jenjang SD/MI SMP/MTS SMA/SMKyang akan mengusulkan untuk diakreditasi harus memenuhi persyaratan.

  • 2,3,4,6,7, dan 8 
  • 1,2,3,4,5, dan 6.
  • 1,3,4,6,7, dan 8.
  • 2,3,4,7,8, dan 9

13. Mengacu pada Kepmendikbud Nomor 241 / P / 2019 Tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi, Berapa jumlah pertanyaan dalam Isilah instrumen akreditasi jenjang SD/MI ?

  • 118
  • 119
  • 120
  • 121

14. SMP Andalan memperoleh nilai akhir 69, nilai Komponen akreditasi pada standar Sarana dan Prasarana tidak kurang dari 61, dan Tidak ada nilai komponen standar di bawah 50. Sesuai ketentuan, SMP A tersebut memperoleh peringkat …..

  • Terakreditasi dan berperingkat A
  • Terakreditasi dan berperingkat C
  • Terakreditasi dan berperingkat B.
  • Tidak Terakreditasi dan berperingkat D

15. Perhatikan Kriteria Status Akreditasi di bawah ini! 1. MemperolehNilai Akhir Hasil Akreditasi sekurang-kurangnya 70 .2. MemperolehNilai Akhir Hasil Akreditasi sekurang-kurangnya 71. 3. Memperoleh Nilai Komponen Standar Sarana dan Prasarana tidak kurang dari 60. 4. Memperoleh Nilai Komponen Standar Sarana dan Prasarana tidak kurang dari 61 .5. Tidak ada nilai komponen standar di bawah 50. Sekolah/madrasah dinyatakan terakreditasi apabila memenuhi persyaratan nomor ….

  • 2,4,5 .
  • 1,2,3.
  • 2,3,4.
  • 3,4,5

16. Kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi pembelajaran oleh siswa yang dirancang oleh pendidik untuk mencapai standar kompetensi dinamakan….

  • Penugasan tidak terstruktur
  • Kegiatan mandiri.
  • Penugasan terstruktur 
  • Kegiatan ekstrakurikuler

17. Pertanyaan terkait Sekolah/madrasah telah mengembangkan RPP dari silabus secara lengkap dan sistematis, baik pada jenjang SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA/MAK digunakan untuk mengukur standar….

  • pengelolaan.
  • proses 
  • isi.
  • penilaian

18. Lama visitasi di satuan pendidikan adalah…..

  • 2 hari kerja, minimal 5 jam/hari 
  • 2 hari kerja, minimal 4 jam/hari
  • 3 hari kerja, minimal 2,5 jam/hari. 1
  • hari kerja, minimal 10 jam

19. Keputusan tim asesor harus bebas dari pertentangan kepentingan, baik dari pihak sekolah/madrasah maupun tim asesor itu sendiri. Hal ini merupakan prinsip..….

  • Bertanggung jawab.
  • Profesionalisme.
  • Bebas intimidasi.
  • Independensi

20. Perhatikan pernyataan berikut ini! 1. Datang tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan .2. Menunjukkan surat tugas meskipun tidak diminta. 3. Menerima sesuatu dalam bentuk apa pun kepada dari satuan pendidikan akan berdampak pada objektivitas hasil akreditasi. 4. Menyampaikan secara jelas mengenai tujuan, mekanisme, dan jadwal visitasi. 5. Berpakaian rapi dan sopan. Pernyataan yang merupakan Tata Tertib Pelaksanaan Visitasi adalah …..

  • 2,3,4,5.
  • 1,2,3,4 
  • 1,2,4,5
  • 1,3,4,5

21. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah, yaitu….

  • Nomor 18 Tahun 2014
  • Nomor 18 Tahun 2016.
  • Nomor 28 Tahun 2016 
  • Nomor 28 Tahun 2014

22. Berapa Jumlah pertanyaan dalam Isilah instrumen akreditas jenjang SMP/MTs pada Kepmendikbud Nomor 241 / P / 2019 Tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi?

  • 123
  • 124
  • 125
  • 126

23. Asesor harus memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan tugasnya secara sungguh-sungguh dengan berpedoman kepada norma-norma pelaksanaan visitasi, hal ini dimaksud ……..

  • untuk menjaga kerahasiaan hasil visitasi dan melaporkannya secara objektif kepada BAP-S/M.
  • pelaksanaan visitasi diharapkan dapat mendorong sekolah/madrasah untuk melakukan perbaikan secara berkelanjutan.
  • pelaksanaan visitasi hendaknya mampu menjaring informasi yang akurat dan valid
  • hasil akreditasi sekolah/madrasah benar-benar mencerminkan tingkat kelayakan sekolah/madrasah yang sesungguhnya

24. Asesor harus menghindari kesepakatan atau bargaining dalam arti negatif, dengan tidak menerima pemberian uang, barang, dan jasa di luar haknya sebagai asesor. Hal ini merupakan salah satu ….

  • larangan asesor.
  • kode etik asesor
  • norma asesor .
  • tata tertib asesor

25. Ada berpa komponen pada pelaksanaan Akreditasi tahun 2019, untuk SMP jumlah pertanyaan untuk mengkur komponen standar penilaian

  • 12
  • 13
  • 14
  • 15

26. Yang bukan pelaksana penjaminan mutu eksternal (SPME) adalah …

  • Pengawas Sekolah
  • BAN SM
  • Sekolah 
  • LPMP

27. Sesuai dengan surat tugas dari BAP-S/M, asesor akan melakukan visitasi ke sekolah/madrasah yang akan diakreditasi. Asesor akan datang ke lokasi menemui kepala sekolah/madrasah dan warga sekolah/madrasah dan menyampaikan tujuan dari visitasi, melakukan verifikasi dan validasi atau cek-ulang terhadap data dan informasi kuantitatif maupun kualitatif yang terjaring melalui instrumen akreditasi. Dalam tahapan pelaksanaan visitasi, hal tersebut merupakan tahap…..

  • Klarifikasi temuan.
  • Verifikasi serta validasi data dan informasi .
  • Penyusunan laporan
  • Persiapan visitasi

28. Dalam pelaksanaan tugas, asesor harus memperlakukan sekolah/madrasah dengan tidak memandang apakah status sekolah/madrasah negeri atau swasta, besar atau kecil, terakreditasi maupun belum, di perkotaan, pedesaan maupun daerah 3T. Sekolah/madrasah harus dilayani secara adil dan tidak diskriminatif. Hal tersebut merupakan salah satu norma dalam akreditasi yakni…..

  • keterbukaan
  • keadilan
  • kesamaan
  • kearifan

29. Tindakan pengamatan mendalam terhadap sekolah/madrasah (satuan pendidikan) yang telah diputuskan status dan peringkat akreditasinya dan terhadap BAP-S/M sebagai pelaksana akreditasi di daerah, dinamakan …..

  • Verifikasi ulang
  • Validasi
  • Visitasi ulang
  • Surveilans

30. Perhatikan alur mekanisme akreditasi di bawah ini! 1. Sosialisasi akreditasi 2 . Penentuan Alokasi 3. Penetapan Kelayakan Sekolah dan Penugasan Asesor 4. Pendaftaran Akreditasi 5. Pengisian dan Pengiriman Instrumen Akreditasi 6. Visitasi Ke Sekolah 7. Verifikasi Hasil Validasi dan Penyusunan Rekomendasi 8. Validasi Proses dan Hasil Visitasi 9. Penetapan Hasil dan Rekomendasi Akreditasi 10. Sosialisasi Hasil Akreditasi 11. Penerbitan Sertifikat AkreditasiAlur mekanisme akreditasi yang benar adalah

  • 2,1,3,4,8,6,7,9,5,11,10 
  • 2,1,4,3,8,6,7,9,5,11,10.
  • 2,1,4,5,3,6,8,7,9,11,10.
  • 1,2,3,4,5,6,7,8,9,11,10

Semoga bermanfaat untuk persiapan tes asesor tahun 2021.

dari berbagai sumber.

Baca juga :