Panduan Kurikulum Darurat di Madrasah | Pendidikangratis.id

Panduan Kurikulum Darurat pada Madrasah

pendidikangratis.id – Bersamaan dengan akhir tahun pelajaran 2019/2020 atau awal tahun pelajaran 2020/2021 pada masa pandemi covid-19, Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia telah menerbitkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2791 Tahun 2020 tentang Panduan Kurikulum Darurat pada Madrasah. Surat tersebut dikirmkan ke Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi se Indonesia tertanggal 19 Mei 2020.

Tujuan diterbitkannya panduan tersebut adalah Dalam rangka optimalisasi kegiatan pembelajaran di Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) pada Masa Darurat Covid-19.

SK Dirjen Pendis tersebut telah menetapkan Panduan Kurikulum Darurat dengan bertujuan menjadi pedoman bagi pendidik dan satuan pendidikan jenjang Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA) dalam malaksanakan
pembelajaran di madrasah pada masa darurat.

Selanjutnya pendidik dan satuan pendidikan dapat mengembangkan
pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing madrasah.

Dalam panduan tersebut disebutkan bahwa dalam kondisi darurat, kegiatan pembelajaran tidak bisa berjalan secara normal seperti biasanya, namun demikian siswa harus tetap mendapatkan layanan pendidikan dan pembelajaran. Pada masa darurat Covid-19, madrasah telah melaksanakan kegiatan pembelajaran di tengah kondisi darurat sesuai dengan kondisi dan kreatifitas masing-masing madrasah. Siswa belajar dari rumah dengan bimbingan dari guru dan orang tua.

Dalam rangka mendukung kegiatan belajar jarak jauh, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam telah melakukan beberapa ikhtiar pada masa darurat ini antara lain;

  • 1) membangun aplikasi elearning madrasah,
  • 2) menyediakan buku pelajaran elektronik,
  • 3)menggalakkan dukungan pembuatan bahan ajar oleh guru
    madrasah secara gotong-royong berupa video, animasi, modul
    pelajaran, buku elektronik untuk mengisi konten e-learning,
  • 4)Program Syiar Ramadhan Madrasah kerjasama dengan Media
    Elektronik setiap hari Senin sampai dengan Jumat selama bulan
    Ramadhan,
  • 5) Kerja sama dengan Kedutaan Rusia pemanfaatan platforms Dragonlearn.org, yaitu belajar matematikamenyenangkan untuk siswa MI secara gratis selama masa pandemi Covid-19 dan lain sebagainya.

Baca juga :

sebelum panduan ini disusun, Kemenag melalui Dirjen Pendis telah melakukan survei pelaksanaan pembelajaran jark jauh, hasilnya bahwa
belum semua madrasah dapat menjalankan kegiatan pembelajaran jarak jauh secara online/daring (dalam jaringan) secara penuh, dan sebagian besar menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh secara luring (luar jaringan). Beberapa kendala antara lain, keterbatasan SDM, keterbatasan sarana berupa laptop atau HP yang dimiliki siswa, kesulitan akses internet
dan keterbatasan kuota internet siswa yang disediakan orang tuanya, dan sebagainya. Disamping itu pelaksanaan pembelajaran jarak jauh selama masa darurat Covid-19 antara satu madrasah dengan madrasah yang lainnya sangat bervariasi, sesuai dengan persepsi dan kesiapan masing-masing madrasah.

Lebih lanjut disebutkan bahwa belajar dari rumah tidak sekedar memenuhi tuntutan kompetensi (KI-KD) pada kurikulum, tetapi lebih ditekankan pada pengembangan karakter, akhlak mulia, ubudiyah dan kemandirian siswa. Guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam menyajikan materi pelajaran dan memberi tugas kepada siswa, agar terwujud pembelajaran yang bermakna, inspiratif dan menyenangkan agar
siswa tidak mengalami kebosanan belajar dari rumah

Tujuan Penyusunan Panduan Kurikulum Darurat

Tujuan penyusunan panduan kurikulum darurat adalah sebagai acuan teknis bagi satuan Pendidikan jenjnag RA, MI, MTs dan MA dalam menyelenggarakan kegiatan pembelajaran pada masa darurat

Ruang Lingkup Panduan Kurikulum darurat pada madrasah sebagai berikut:

  1. Pendahuluan
  2. Konsep kurikulum darurat
  3. Pembelajaran pada masa darurat
  4. Langkah-langkah pembelajaran pada masa darurat
  5. Penilaian hasil belajar pada masa darurat
  6. Penutup

Demikianlah beberapa hal yang berkaitan dengan Panduan Kurikulum darurat pada madrasah. Selanjutnya Anda dapat mengunduhnya secara lengkap pada tautan berikut :

Download Panduan Kurikulum darurat pada madrasah

Atau dapat diunduh di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *