Soal Tematik Kelas 2 Tema 5 Subtema Pengalamanku di Sekolah

Read Time2 Minutes, 43 Seconds

Soal Tematik Kelas 2 Tema 5 Subtema Pengalamanku di sekolahSoal-soal ini sebagai bahan untuk latihan atau pengayaan materi yang telah diajarkan di kelas dua. Dapat juga sebagai latihan menghadapi penilaian tengah semester ( PTS ), Penilaian Akhir Semester ( PAS ) atau sekedar persiapan Penilian Harian ( PH ).

Berikut soal-soal tematik kelas 2 SD/MI kurikulum 2013 edisi revisi 207

Soal Tematik Kelas 2 Tema 5  Subtema Pengalamanku di Sekolah

 A. Berilah Tanda Silang Pada Huruf A, B, Atau C Pada Jawaban Yang Paling Benar!

1. Di sekolahku mengadakan kegiatan gotong royong membersihkan kelas dan
halaman. Alat-alat yang digunakan untuk melakukan kegiatan tersebut adalah ….
a. ember, gayung, dan sikat gigir
b. cangkul, sabit, dan trakto
c. sapu, pengki, dan kemoceng

2. Berikut yang merupakan ungkapan minta tolong adalah ….
a. Tolong menolong sangat penting
b. Udin, tolong bersihkan papan tulis
c. Ari suka menolong teman yang kesulitan

3. Berdoa sebelum memulai pelajaran di sekolah merupakan bentuk pengamalan
Pancasila, sila ke ….
a. satu
b. dua
c. tiga

4. Ketupat merupakan salah satu bentuk anyaman yang terbuat dari ….
a. daun kelapa yang sudah tua
b. daun kelapa yang masih muda
c. sabut kelapa yang masih muda

5. Panjang sebuah meja adalah 2 meter. Panjang meja tersebut sama dengan ….
a. 2 cm
b. 20 cm
c. 200 cm

6. Dengan gotong royong pekerjaan akan menjadi …
a. semakin berat
b. cepat selesai
c. sia-sia

7. Bersikap adil saat bermain merupakan perilaku yang sesuai dengan Pancasila, sila
ke ….
a. satu
b. dua
c. tiga

8. Terhadap teman di sekolah kita tidak boleh ….
a. bekerja sama
b. membeda-bedakan
c. bergaul

9. Kuambil buluh sebatang
Kupotong sama panjang
Kuraut dan kutimbang
Dengan benang
Kujadikan ….
Kata yang tepat untuk melengkapi puisi diatas adalah ….

a. mobil-mobilan
b. jungkat-jungkit
c. layang-layang

10. Contoh pengalaman di sekolah adalah ….
a. membantu ibu memasak
b. merapikan tempat tidur
c. mengikuti upacara bendera

11. Kuambil buluh sebatang.
Makna kata yang bergaris bawah adalah ….
a. jambu
b. bambu
c. tebu

Percakapan untuk menjawab soal nomor 12 sampai 14!

 

 

 

 

 

12. Beni, Dayu, dan Udin sedang membuat ….
a. karya imajinatif
b. penyemaian bibit tanaman
c. bubur kacang hijau

13. Ungkapan minta tolong dalam percakapan di atas diucapkan oleh ….
a. Beni
b. Dayu
c. Udin

14. Percakapan diatas menunjukkan sikap ….
a. toleransi
b. kerja sama
c. kemandirian

15. Jika ada teman yang mau membantu saat kita mengalami kusulitan, sebaiknya kita
mengucapkan ….
a. tolong
b. maaf
c. terima kasih

B. Isilah dengan jawaban yang tepat !
1. Sebutkan 3 ciri-ciri karya imajinatif tiga dimensi!
…………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………….
2. Sebutkan 5 bahan alami yang biasa digunakan dalam membuat karya imajinatif tiga
dimensi!
…………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………….

3. Sebutkan salah satu sikap di sekolah yang menunjukkan penerapan sila kedua
Pancasila!
…………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………….
4. Setelah terbang, burung itu …. di pohon randu.
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat diatas adalah ………………………………….

5. Hewan yang dapat terbang dan mampu mengeluarkan cahaya sendiri pada waktu
malam hari adalah ………………………………………………………………………………………….

6. Tuliskan kalimat ungkapan minta tolong kepada temanmu agar mau membantumu
bermain menggunakan bola basket!
…………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………….
7. Dalam membaca puisi kita harus memperhatikan ekspresi, intonasi, dan lafal.
Makna kata yang digarisbawahi adalah …………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………….
8. Perhatikan gambar berikut!
Nama gerakan seperti pada gambar di atas adalah ……………………………………………

9. Udin melakukan gerakan seperti pada gambar diatas. Ia bergerak sejauh 300 cm
dari posisi awal. Jadi panjang lintasan yang ditempuh Udin dalam gerakan tersebut
adalah ….. m

10. Sebutkan pengalamanmu yang paling berkesan di sekolah!
…………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………….

Baca soal lainnya :

00
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close