Tips Cara Menghadapi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah | Pendidikangratis.id

Tips Cara Menghadapi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

Tips Cara Menghadapi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah – Hari-hari pertama masuk sekolah menjadi hari yang menakutkan, sepertinya itu yang menjadi bayangan sebagian dari peserta didik yang akan masuk sekolah setingkat SMP/MTs dan SMA/SMK/MA. Itu masa lalu… tidak usah risau,  sekarang harus sudah tidak ada lagi perpeloncoan. Masa perkenalan sekolah harus diisi dengan kegiatan yang mendidik, menyenangkan dan penuh kesantunan.

Berikut beberapa kegiatan tersebut  yang harus dilaksanakan…

  • Wawasan wiyata mandala
  • Tata krama peserta didik
  • Program dan tata cara belajar
  • Pengenalan lingkungan sekolah
  • Tata tertib sekolah
  • Pengenalan kegiatan ekstra kurikuler
  • Perkenalan dengan sesama peserta didik, guru, tata usaha, komite dan pelaksana sekolah
  • Kegiatan olahraga
  • Kegiatan pramuka

Walaupun begitu tetap saja risau..yuk simak beberapa tips mengahadapi kegiatan tersebut agar kamu lebih siap dan mantap ..

Tips Cara Menghadapi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

Ikuti dengan penuh keceriaan

Agar lebih nyaman mengikuti kegiatan, ikuti semua kegiatan dengan ceria, nikmati , boleh serius tapi santai. Kalau ada tugas-tugas, tidak usah risau, penuhi semampunya. Tetapi jangan berlebihan, dinikmatin aja..

Carilah banyak teman

Karena kamu baru pertama masuk, mungkin belum punya teman, sama teman kamupun demikian, carilah teman sebanyak mungkin. Jadilah familiar dengan siswa yang lain. Ramahlah, berani memperkenalkan lebih dulu…pasti kamu banyak disukai pastinya. Jangan jadi siswa yang menutup diri, akan sulit bergaul akhirnya tidak punya teman dan akan menjadi penyendiri. Harus kamu hindari.

Kuatkan mental

Kalaupuan tidak ada perpeloncoan, mental kamu harus kuat. Siap tampil dan jadilah siswa pemberani. Biasanya yang banyak tampil akan jadi ketua kelas.  Mental kalian harus disiapkan. Biasa saja tidak akan terjadi apapun, Ok .Siap ya…

Tampil biasa-biasa saja

Penampilan berlebihan akan menimbulkan perhatian berbeda, so..lebih baik seadanya, biasa-biasa saja. Boleh juga sich yang punya obsesi jadi pemimpin untuk selalu tampil, menunjukkan jati diri kamu yang pemberani, pintar dan percaya diri.

Pastinya sekarang kamu siap mengikuti masa perkeenalan sekolah….

Demikian artikel ini, Semoga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan kalia. semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *