Tips Jitu Bila Tidak Lulus SBMPTN

Read Time2 Minutes, 7 Seconds

Tips Jitu Bila Tidak Lulus SBMPTN – Hasil  Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)tahun 2018  akan diumumkan di situs resmi SBMPTN dan laman mirror 12 perguruan tinggi negeri (PTN) pada hari ini Selasa , 3 Juli 2018  pukul 17.00 WIB

berikut link 12 PTN;

Dari total sebanyak 672.816 peserta regular dan 187.185 peserta Bidikmisi yang mengikuti seleksi SBMPTN, dipastikan sebagian besar peserta tidak lulus masuk ke PTN. Karena hanya ada 128.085 peserta yang dipastikan lulus sesuai dengan kuota yang tersedia tahun ini. Sehingga lebih dari 731 ribu peserta harus menyimpan harapannya untuk melanjutkan kuliah di PTN melalui jalur SBMPTN.
Tidak lulus SBMPTN, jangan cemas ! Ada banyak hal yang dapat dipersiapkan untuk tetap melanjutkan pendidikan dan mendapatkan kesuksesan  di masa depan.
Pastikan keputusan itu dipilih dengan matang setelah berkonsultasi dengan orang tua dan, guru dan orang lain yang sudah berkuliah atau bekerja dengan sukses.

Baca juga :

  1. Link Contoh Soal CPNS, bisa dipelajari…
  2. Mudah Menyusun RPP ; 8 Prinsip Penyusunan RPP
  3. Top 5 Aplikasi Belajar Mudah Matematika di Android

Tips Jitu Bila Tidak Lulus SBMPTN

Beberapa alternatif tindakan yang dapat dilakukan jika tidak lulus SBMPTN.

1. Mengikuti ujian mandiri PTN tertentu.
memilih PTN tertentu yang jalur masuknya melalui seleksi ujian mandiri di PTN masing-masing. Pastikan peserta segera mengakses PTN tersebut, karena semua informasi khusus ujian ini  biasanya hanya dapat dilihat di website PTN tersebut.

Menjadi catatan penting adalah  beberapa PTN yang membuka ujian mandiri biasanya menarik biaya yang lebih mahal mulai dari uang awal masuk  hingga UKT tiap semester.

2. Vokasi dan Politeknik
Vokasi dan politeknik ataupun akademi juga dapat menjadi alternatif untuk melanjutkan kuliah. Untuk pendidikan vokasi umumnya menyediakan jenjang  D-3 dan politeknik dan akademi menyediakan jenjang D-1 hingga D-4.

Sistem pendidikan di PTN ini  biasanya  lebih mengutamakan kerja praktik daripada teori yang banyak disajikan pada jenjang S-1. Beberapa pendidikan vokasi dan politeknik  biasanya ada yang sudah lebih awal menyeleksi calon mahasiswanya. PTN ini juga menyediakan sistem kedinasan atau ikatan kerja.

3. Perguruan Tinggi Swasta  ( PTS )
Melanjutkan ke PTS  juga menjadi pilihan  lain untuk melanjutan kuliah. Banyak PTS  yang memiliki kualitas yang bagus dan sudah dapat bersaing dengan PTN atau bahkan sudah mengunggulinya.

4. Mengulang SBMPTN
Ada pula yang sambil kuliah di PTS atau sembari mengikuti bimbingan belajar  menyiapkan diri untuk mengulang kembali SBMPTN pada tahun berikutnya agar dapat kuliah di PTN pavorit.

00
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *