Tugas Pokok Pengawas ( Pengawasan Manajerial ) : Pemantauan SNP

Read Time2 Minutes, 15 Seconds

Tugas Pokok Pengawas ( Pengawasan Manajerial ) : Pemantauan – Pengawasan manajerial merupakan tugas pengawas sekolah yang meliputi kegiatan pembinaan, pemantauan, penilaian, serta pembimbingan dan pelatihan profesional kepala sekolah dan tenaga kependidikan lain pada aspek pengelolaan dan administrasi sekolah yang terkait langsung dengan peningkatan efisiensi dan efektivitas sekolah dalam mendukung terlaksananya proses pembelajaran.

Tugas Pokok Pengawas ( Pengawasan Manajerial ) : Pemantauan Pemenuhan SNP

B. Pemantauan

1) Pengertian Pemantauan pada pengawasan manajerial adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan dan/atau kesesuaian SNP dalam penyelenggaraan pendidikan pada satuan pendidikan dan menemukan hambatan-hambatan dalam pelaksanaan program.

2) Tujuan Pemantauan bertujuan untuk mengetahui:

  • a) keterlaksanaan dan/atau kesesuaian SNP dalam penyelenggaraan pendidikan pada satuan pendidikan;
  • b) hambatan-hambatan dalam pelaksanaan program; dan
  • c) data kinerja sekolah dalam pelaksanaan dan pemenuhan SNP.

Baca juga :

3) Materi Materi pemantauan meliputi keterlaksanaan dan kesesuaian:

  • (a) standar kompetensi lulusan;
  • (b) standar isi;
  • (c) standar proses;
  • (d) standar penilaian pendidikan;
  • (e) standar pendidik dan tenaga kependidikan;
  • (f) standar sarana dan prasarana;
  • (g) standar pembiayaan; serta
  • (h) standar pengelolaan pendidikan.

Aspek yang dipantau dalam kegiatan pemantauan dapat dilakukan untuk setiap standar atau beberapa standar dalam satu kegiatan pemantauan. Pelaksanaan pemantauan yang dilaksanakan untuk beberapa standar dalam satu kegiatan, misalnya dengan cara melaksanakan program pemantauan dan evaluasi implementasi /pengelolaan kurikulum (di dalamnya meliputi pemantauan SKL, SI, standar proses, dan standar penilaian)

4) Sasaran pemantauan adalah semua sekolah binaan yang menjadi tanggung jawab pengawas.

5) Indikator keberhasilan pemantauan dalam pengawasan manajerial adalah sebagai berikut.

  • a) Jumlah data hasil pemantauan terhadap keterlaksanaan/ kesesuaian SNP (standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar penilaian pendidikan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pembiayaan, dan standar pengelolaan pendidikan) oleh sekolah binaan
  • b) Hambatan-hambatan pelaksanaan program pencapaian SNP dan solusi yang telah dilaksanakan oleh sekolah yang dipantau
  • c) Hasil evaluasi pelaksanaan dan pemantauan Delapan SNP serta rencana tindak yang perlu dilakukan oleh pengawas sekolah berdasarkan hasil evaluasi data pemantauan SNP tersebut

6) Pendekatan, Metode, dan Teknik

  • a) Pendekatan, antara lain: direktif, nondirektif, klinik, dan kolaboratif
  • b) Metode, antara lain: wawancara, studi dokumen, dan kuesioner /angket
    c) Teknik, antara lain: individu dan kelompok (evaluasi diri dan visitasi)

7) Waktu Pemantauan Delapan SNP dilaksanakan pada waktu yang telah direncanakan dan tertuang dalam program semester.

8) Prosedur

  • (a) Menyusun rencana/program pemantauan Delapan SNP bersamaan dengan penyusunan program pengawasan tahunan (Program Pemantauan Delapan SNP merupakan dokumen perencanaan yang harus dilampirkan dalam Program Pengawasan Tahunan)
  • (b) Melaksanakan pemantauan Delapan SNP
  • (c) Menyusun laporan hasil pemantauan Delapan SNP
  • (d) Mengevaluasi laporan hasil pemantauan Delapan SNP

Sumber : Panduan pengawas sekolah pendidikan dasar dan menengah 2017

Instrumen Pemantauan SNP  2017 dapat diunduh di sini

Baca Juga :

00
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *