Tujuan, Materi, Indikator Pembinaan Guru dan Kepala Sekolah oleh Pengawas Sekolah | Pendidikangratis.id

Tujuan, Materi, Indikator Pembinaan Guru dan Kepala Sekolah oleh Pengawas Sekolah

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikkan Nasional Nomor 12 tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah, diamanatkan bahwa seorang pengawas sekolah harus memiliki standar kompetensi yang sudah ditetapkan. Kompetensi meliputi: Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Supervisi Manajerial, Kompetensi Supervisi Akademik, Kompetensi Evaluasi Pendidikan, Kompetensi Penelitian Pengembangan, dan Kompetensi Sosial

Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru Pasal 54 ayat (8) butir d menyatakan bahwa guru yang diangkat dalam jabatan Pengawas Satuan Pendidikan melakukan tugas pembimbingan dan pelatihan profesional guru dan tugas pengawasan. Tugas pengawasan yang dimaksud adalah melaksanakan kegiatan pengawasan akademik dan manajerial. Hal ini seiring dengan Permen PAN dan RB nomor 14 Tahun 2016 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 21 Tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya Bab II Pasal 5 yang menyatakan bahwa tugas pokok Pengawas Sekolah adalah melaksanakan tugas pengawasan akademik dan manajerial pada satuan pendidikan yang meliputi penyusunan program pengawasan, pelaksanaan pembinaan, pemantauan pelaksanaan Delapan Standar Nasional Pendidikan, penilaian, pembimbingan dan pelatihan profesional guru, evaluasi hasil pelaksanaan program pengawasan, dan pelaksanaan tugas kepengawasan di daerah khusus.

Pada kesempatan ini, admin akan bagikan materi , tujuan , indikator serta metode dan teknik pembinaan guru dan kepala sekolah oleh pengawas sekolah. Perlu diketahui bahwa pembinaan guru merupakan bagian dari supervisi akademik, sedangkan pembinaan terhadap kepala sekolah dalam pengelolaan sekolah menjadi bagian dari supervisi manajerial.

Pembinaan Guru

Pengertian : Pembinaan pada pengawasan akademik merupakan kegiatan pembimbingan yang dilakukan melalui bantuan profesional  

Tujuan : Pembinaan pada pengawasan akademik bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru, yang meliputi kompetensi pedagogis, kepribadian, sosial, dan profesional yang dibuktikan dengan meningkatnya kinerja guru.

 Materi : Materi pembinaan pada pengawasan akademik meliputi kompetensi pedagogis, profesional, kepribadian, dan sosial.

Sasaran : Sasaran pembinaan pada pengawasan akademik adalah sebagai berikut:

  • Semua guru binaan yang menjadi tanggung jawab pengawas satuan pendidikan
  •  Guru mata pelajaran/rumpun mata pelajaran yang ditetapkan oleh dinas pendidikan (baik yang berada di sekolah binaan pengawas mata pelajaran/rumpun mata pelajaran maupun di luar sekolah binaannya)
  •  Guru Bimbingan dan Konseling (BK) pada sekolah binaan pengawas guru BK dan/atau guru BK lintas sekolah binaan yang berada di wilayah kota/kabupaten yang bersangkutan.

 Indikator Keberhasilan : Indikator keberhasilan pembinaan guru adalah meningkatnya kompetensi pedagogis, kepribadian, sosial, dan profesional dalam melaksanakan kegiatan pokok guru di setiap sekolah binaan

Pendekatan, Metode, dan Teknik :

  • Pendekatan, antara lain: direktif, nondirektif, klinik, dan kolaboratif
  •  Metode, antara lain: FGD dan metode delphi
  •  Teknik, antara lain: teknik individu dan kelompok (kunjungan kelas dan observasi kelas)

  Waktu : Pembinaan guru dilaksanakan sepanjang semester/tahun sesuai dengan program semester/tahunan yang telah dibuat.

Prosedur :  

  • Menyusun rencana pembinaan guru
  • Melaksanakan pembinaan guru
  • Menyusun laporan hasil pembinaan guru Mengevaluasi hasil pembinaan

Pembinaan Kepala Sekolah

Pengertian : Pembinaan pada pengawasan manajerial merupakan kegiatan pembimbingan yang dilakukan melalui bantuan profesional kepada kepala sekolah.

 Tujuan : Pembinaan dilakukan untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah dan tenaga kependidikan yang dibuktikan dengan meningkatnya kinerja.

 Materi : Pembinaan kepala sekolah meliputi materi sebagai berikut.

  • Kompetensi Kepribadian dan Sosial
  • Kepemimpinan Pembelajaran
  • Pengembangan Sekolah
  • Perencanaan Program (RKS/RKJM, RKT, dan RKAS)
  • Sistem Informasi Manajemen (SIM)
  •  Evaluasi Diri Sekolah (EDS) dan Akreditasi lalu Merefleksikan Hasil-Hasilnya dalam Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan (pemenuhan SNP);
  •  Manajemen Sumber Daya
  •  Pengelolaan Program Induksi Guru Pemula (PIGP)
  •  Pengelolaan PK Guru dan Tenaga Kependidikan
  •  Pengelolaan PKB
  •  Pengelolaan Kurikulum
  •   Kewirausahaan; dan
  •   Supervisi Pembelajaran.

Sasaran : Sasaran pembinaan adalah kepala sekolah dan tenaga kependidikan yang menjadi tanggung jawab pengawas.

 Indikator Keberhasilan : Meningkatnya kompetensi serta kinerja kepala sekolah dan tenaga kependidikan dalam:

  •         kompetensi kepribadian dan sosial;
  •         kepemimpinan pembelajaran;
  •         pengembangan sekolah:
  •         sistem informasi manajemen (SIM) serta
  •         evaluasi diri sekolah (EDS) dan merefleksikan hasil-hasilnya dalam upaya penjaminan mutu pendidikan;
  •         manajemen sumber daya:
  •         pengelolaan program induksi guru pemula (PIGP),
  •         pengelolaan PK guru dan tenaga kependidikan,
  •         pengelolaan PKB, dan
  •         pengelolaan kurikulum;
  •         kewirausahaan; dan
  •         supervisi pembelajaran.

        Pendekatan, Metode, dan Teknik :

  •         Pendekatan, antara lain: direktif, nondirektif, klinik, dan kolaboratif
  •         Metode, antara lain: FGD dan metode delphi
  •         Teknik, antara lain: individu dan kelompok (worskhsop, IHT, dan seminar)

Waktu : Pembinaan kepala sekolah dan tenaga kependidikan lainnya dilaksanakan pada waktu yang telah direncanakan dan tertuang dalam program semester.

Prosedur :

  • Menyusun rencana pembinaan kepala sekolah dan tenaga kependidikan
  • Melaksanakan  pembinaan       kepala  sekolah  dan   tenaga kependidikan
  • Menyusun laporan hasil pembinaan kepala sekolah dan tenaga kependidikan Mengevaluasi hasil pembinaan kepala sekolah dan tenaga kependidikan

Demikian kegiatan pembinaan terhadao guru dan kepala sekolah yang dilakukan oleh pengawas sekolah dalam kegiatan supervisi akademik dan manajerial.

Sumber : Buku kerja pengawas tahun 2017